ABOUT RHODIUM

 

Rhodium adalah bahan rangka dasar perhiasan yang semakin banyak digunakan sebagai Perhiasan Imitasi, adapun bahan-bahan material rhodium tersebut terdiri dari beberapa bahan campuran logam yang biasa digunakan dalam pembuatan perhiasan seperti perak, timah, tembaga, dll kemudian pelindung plating (lapisan terluarnya) dilapisi emas putih atau emas kuning.

Proses pembuatan bahan rangka rhodium ini dilakukan oleh mesin pabrik, sehingga tingkat kerapihan, detail model sangat detail dan sempurna, misalnya taburan batu Zircon yang padat dan rumit serta model-model perhiasan rhodium yang modern. Dalam proses pelapisan lapisan terluarnya dengan chrome emas putih atau emas kuning dilakukan dengan cara mesin (pabrik) tidak dilakukan secara manual.
Kelebihan rhodium adalah warna rangka yang mengkilap. Selain itu, keunggulan bahan rhodium dibanding dari bahan emas dan perak adalah dari segi harga, harga dari bahan rhodium relatif lebih murah, harga rangka tidak dihitung per gram tetapi per design per pcs.
Selama ini perhiasan dari bahan rhodium tidak mudah berubah warna, jikalau berubah warna itu akibat sering kontak dengan air, dan dalam jangka waktu yang sangat lama. Untuk kualitas nya bahan rangka rhodium ini kami berani merekomendasikan kepada konsumen, karena belajar dari pengalaman selama jualan perhiasan, bahan rangka rhodium ini belum pernah kami menerima keluhan/komplenan tentang rhodium. Jadi kualitas rhodium sudah teruji, artinya bahan rhodium ini tidak cepat pudar, tidak cepat menghitam, rangka rhodium ini bisa awet dan tahan lama hingga bertahun-tahun.
Cara pertama untuk merawat perhiasan rhodium adalah dengan membersihkannya secara teratur. Berikut langkah-langkahnya:

Campurkan detergen cair yang berbahan lembut (tanpa pewangi) dan air hangat dengan rasio 1: 3. Hindari menggunakan bahan kimia keras dan abrasif, bahan pembersih perak, dan bahan pembersih emas berbahan amonia untuk membersihkan logam rhodium karena bisa mengelupas permukaannya.
Rendam perhiasan dengan platting rhodiumdi dalam air sabun selama maksimal 7-10 menit. Ingat untuk tidak merendamnya terlalu lama, karena bisa merusak bahan rhodium dan membuatnya lekas menghitam.
Setelah direndam, gunakan jemari untuk menggosok perhiasan tersebut dengan lembut. Kita juga boleh menggunakan sikat gigi untuk menjangkau bagian yang agak sulit dibersihkan, asalkan bulu sikatnya cukup lembut.
Keluarkan perhiasan dari wadah air sabun dan bilas dengan air suam-suam kuku. Setelah itu, kita bisa membilasnya dengan air mineral atau air suling bila ada. Bersihkan hingga tuntas dan tidak ada sisa detergen.
Langkah terakhir, keringkan perhiasan rhodium dengan handuk berbahan lembut. Jangan digosok, cukup tekan-tekan sedikit supaya permukaannya tidak tergores. Setelah itu, diamkan dalam suhu ruang semalaman supaya perhiasan rhodium kering dengan sempurna.

Menyimpan Perhiasan Berbahan Rhodium :
Selain mencucinya secara teratur, apa lagi ya, yang harus dilakukan untuk menjaga perhiasan rhodium tetap berkilau? Salah satu hal yang sangat penting dalam merawat perhiasan rhodium adalah menyimpannya dengan cara yang benar. Sebelum menyimpan perhiasan ke dalam kotak, bungkus setiap perhiasan dengan kertas tissue. Ingatlah untuk membungkus masing-masing perhiasan secara terpisah. Ini penting untuk menjaga perhiasan rhodium dari hal-hal yang bisa menggores permukaannya dan membuatnya tampak kusam.
Hal-hal Lain yang Perlu Diperhatikan dalam merawat perhiasan rhodium:
Lepaskan cincin berbahan rhodium ketika mengangkat benda berat supaya perhiasan tidak tergores. Jangan pula mengenakan perhiasan ketika berenang, sebab chlorin yang ada di dalam air kolam bisa membuat rhodium lekas menghitam. Satu lagi, hindarkan perhiasan dengan platting rhodium dari parfum, bahan-bahan kimia rumah tangga, hairspray, produk body lotion, dan zat-zat kimia lainnya.
Mudah bukan? Sekarang merawat perhiasan rhodium bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba!